Menghubungkan Sistem Absensi untuk Dapodik

ICON GTK untuk Dapodik

ICON GTK untuk menghubungkan mesin absensi ke Dapodik

Mulai Bulan Januari Tahun 2019, kehadiran guru di sekolah akan dipantau langsung oleh dinas pendidikan setempat serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal itu mengacu kepada Permendikbud Nomor 10 Tahun 2018 tetang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru PNS Daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka setiap sekolah wajib memiliki perangkat absensi elektronik (mesin absensi fingerprint) yang terhubung langsung dengan Kemendikbud. Jika biasanya absen online ini dikerjakan oleh operator sekolah di aplikasi online, maka dengan pemberlakuan absensi elektronik ini, tanggung jawab absensi ada di pundak masing-masing guru. Operator sekolah hanya bertugas untuk mengirimkan rekap absensi yang ada mesin absensi fingerprint ke server pusat.

Suasana upacara di sekolah

Secara sederhana alur absensi online ini adalah : guru mengisi absen di mesin fingerprit – mesin fingerprint dihubungkan dengan laptop/komputer secara periodik dan data yang ada di mesin fingerprint dipindahkan ke komputer – rekap kehadiran di laptop dikirim melalui ICON GTK ke server Dapodik.

Langkah pertama yang harus dilakukan sekolah adalah menyediakan mesin absensi fingerprint. Mesin absensi yang digunakan harus sudah mampu terhubung dengan internet. Dalam hal ini , mesin absensi yang tepat dan bisa digunakan adalah Magic S-Fiface. Selanjutnya adalah menghubungkan mesin absensi fingerprit tersebut dengan laptop dengan menggunakan aplikasi ICON GTK. Mengapa harus aplikasi ICON GTK? karena baru aplikasi ICON GTK dan Geisa saja, yang mampu mensinkronkan antara mesin absensi fingerprint, aplikasi dapodik dan server pusat DHGTK.

Jika anda kebingungan mau menggunakan yang mana? kami menyarankan menggunakan ICON GTK karena memiliki struktur kuat anti down. Serta yang jelas mudah digunakan.

Sinkronisasi mesin fingerprint dengan laptop melalui aplikasi ICON GTK harus dilakukan di laptop/komputer yang ada aplikasi dapodik. Jika diinstal di laptop/komputer yang tidak ada aplikasi dapodik, maka proses sinkronisasi antara mesin absensi fingerprint, laptop/komputer dan server pusat tidak akan berjalan dengan baik.

Adapaun cara instal dan mengubungkan mesin fingerprint dan aplikasi ICON GTK akan diuraikan secara lengkap di artikel kami lainnya secara jelas dan detail. Jika anda mengalami kebingungan, segera hubungi custemer service kami.